| 3 comments ]

Universitas Syiah Kuala memiliki berbagai Fakultas dan Program Studi. Diantaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Kedokteran.

Selain itu terdapat juga Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keperawatan.

Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala memiliki Program Studi S1 diantaranya, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Islam, dan Manajemen (PDD).

Fakultas Kedokteran Hewan didirikan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 79966 / UU tanggal 17 Oktober 1960 dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan merupakan fakultas kedua yang didirikan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) setelah Fakultas Ekonomi. Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Klinik Veteriner dan Jurusan Peternakan. Sejak tahun 1985 jurusan Klinik Veteriner berkembang menjadi fakultas dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sedangkan jurusan peternakan dialihkan ke Fakultas Pertanian Unsyiah. Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah merupakan FKH ke-3 dari tujuh FKH yang ada di Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No.10 Tahun 1961, tertanggal 20 Juli 1961, Perguruan Tinggi Rakyat Ilmu Hukum dan Pengetahuan Masyarakat ditetapkan menjadi Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, dan dimasukkan dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala. Peresmiannya dilakukan oleh Menteri PTIP bersama dengan peresmian Universitas Syiah Kuala pada tanggal 2 September 1961. Dengan demikian, hari jadi Fakultas Hukum yang pada waktu itu bernama Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat—sama dengan hari lahirnya Universitas Syiah Kuala. Sejak tahun 2004, Program Study Ilmu Hukum terakreditasi dengan peringkat akreditasi A dan pada tahun 2009 Program Study Ilmu hukum kembali terakreditasi dengan peringkat A, berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009 tentang Status, Peringkat, dan Hasil Akreditasi Program Sarjana di Perguruan Tinggi tanggal 28 Agustus 2009.

Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala didirikan pada tahun 1963 dengan satu jurusan pertama, Jurusan Teknik Sipil. Pada tahun 1977 dibuka dua jurusan baru, Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Kimia. Kemudian pada tahun 1996 dibuka dua jurusan baru, Jurusan Teknik Arsitektur dan Teknik Elektro. Kini Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala telah memiliki limaPada tahun 1999 mulai pula dibuka program Diploma-3, di mana pada tahun 2003 mendapat izin penyelenggaraan dari Dikti untuk 4 program studi yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro. Selanjutnya, pada tahun 2002 Fakultas Teknik Unsyiah membuka pula program Magister Teknik Sipil. Kemudian pada tahun 2004 Fakultas Teknik Unsyiah membuka pula program Magister Teknik Kimia. Setelah itu, pada tahun 2006 Magister Teknik Kimia juga membuka bidang Konsentrasi Teknologi dan Manajemen Lingkungan yang bekerjasama dengan Bapelda dan GTZ. jurusan. Disamping kelima jurusan reguler ini, Fakultas Teknik Unsyiah telah memiliki program ekstensi Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, dan Jurusan Teknik Kimia, yang dibuka pada tahun 1996.

Fakultas Pertanian merupakan fakultas kelima di dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah. Fakultas ini didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) nomor 84/1964 tanggal 18 Agustus 1964. Fakultas Pertanian juga dibuka secara resmi oleh menteri PTIP dengan penandatanganan piagam di Darussalam – Banda Aceh, pada hari senin tanggal 16 Nopember 1964.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang memiliki peran sentral dan strategis dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya. Hal ini dikarenakan FKIP Unsyiah merupakan lembaga pendidikan penghasil calon guru atau calon tenaga kependidikan yang kelak bertugas mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Konsekuensi dari demikian sentral dan strategisnya peran FKIP Unsyiah dalam membangun sumberdaya manusia Indonesia, telah menempatkan lembaga ini sebagai pemikul tanggung jawab dan berkewajiban mendidik calon guru yang berkualitas dan memenuhi standar tertentu. Sebagai LPTK, FKIP Unsyiah berkewajiban mendidik dan melahirkan tenaga pendidik yang professional, yang akan mengemban tugas sebagai guru di berbagai sekolah/madrasah.

Cikal bakal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas MIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) didirikan pada tahun 1989 dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor Unsyiah No. 137, 141 dan 142 tahun 1989 tentang pendirian Koordinatorat MIPA. Dikeluarkannya SK Rektor ini didasarkan atas Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 9, 10, 11 dan 12 /Dikti/Kep/1989 tanggal 17 Februari 1989, tentang pendirian program studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0383/O/1993 tanggal 22 Oktober 1993, maka secara resmi Fakultas MIPA Unsyiah berdiri. Dalam usia yang relatif muda, Fakultas MIPA dengan segala keterbatasan potensi dan sumberdayanya yang dimiliki telah berkiprah untuk membantu penguasaan, penguatan, dan pengembangan ilmu-ilmu dasar yang menjadi basis bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi demi kesejahteraan hidup masyarakat, khususnya di Provinsi Aceh.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Fakultas MIPA), Universitas Syiah Kuala berdiri pada tahun 1989 sebagai sebuah program studi dan menjadi fakultas definitif pada tahun 1994.

Dalam pengembangan saat ini secara kelembagaan bahwa terbentuklah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala dalam Struktur Organisasi Tata Kerja Universitas Syiah Kuala, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan salah satu Fakultas yang bernomor urut 9.

Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK Unsyiah) berdiri pada tanggal 1 April 1982 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 16 Tahun 1982. Saat itu FK Unsyiah masih menempati Gedung Akademi Pemerintahan Dalam Negeri di Jalan T. Nyak Arief, kemudian pada tahun 1986 pindah ke gedung Biro Rektor Unsyiah yang berada di Jalan Tgk Chik Pante Kulu. Sejak tahun 1988 FK Unsyiah telah memiliki bangunan sendiri seluas 4389 m2 yang terletak di jalan Tgk Syech Abdul Rauf Darussalam-Banda Aceh, yang dibangun diatas areal seluas 61.650 m2. Sementara itu gedung kuliah yang lain berada di Kompleks Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh yang memiliki luas sekitar 725 m2.

Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) FK Unsyiah didirikan sebagai upaya memenuhi hasrat seluruh masyarakat di Provinsi Aceh untuk memiliki institusi pendidikan yang dapat menghasilkan dokter. Program Studi ini merupakan program studi yang sangat diminati di Unsyiah. Hal ini dapat dinilai dari peningkatan jumlah mahasiswa yang mendaftar dan yang diterima setiap tahun akademik.

Seiring dengan pesatnya perkembangan pembangunan bidang kelautan dan perikanan di Aceh, dirasakan kehadiran Jurusan Ilmu Kelautan belum mampu memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli bidang kelautan dan perikanan secara menyeluruh, karena program studi ini lebih menfokuskan pada pengembangan ilmu dan teknologi kelautan, sehingga sektor perikanan sedikit terlupakan. Oleh karena itu Unsyiah kembali mengajukan rencana pembukaan prodi baru yaitu program Studi Budidaya Perairan dan berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 975/D/T/ 2009 tanggal 18 Juni 2009 dan secara resmi mulai menerima mahasiswa baru tahun 2009, dengan Ketua Prodi Pertama Junaidi M. Affan, M.Si.

Dengan kehadiran program studi baru ini, kemudian Rektor Unsyiah menarik program studi Ilmu kelautan yang telah duluan ada dari fakultas MIPA bergabung dengan program studi baru tersebut membentuk sebuah koordinatorat (setingkat fakultas) langsung berada dibawah koordinasi Pembantu Rektor I, berdasarkan SK Rektor Unsyiah Nomor: 083 tahun 2010, Tanggal 11 Januari 2010, sebagai cikal bakal pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan di Unsyiah dan Prof. Dr. Syamsul Rizal ditunjuk sebagai ketua pelaksananya sampai beliau mengundurkan diri karena dipercayakan oleh Rektor sebagai Direktur Pasca Sarjana Unsyiah pada akhir 2010, untuk mengantikan beliau ditunjuk Prof. Dr. Adlim, M.Sc sebagai Ketua Pelaksana mengantikan Prof. Syamsul.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (FKG Unsyiah) telah menjadi Fakultas pada Tahun 2013 sesuai dengan SK Mendikbud Nomor : 1227/E.E1/KL/2013 dan SK Rektor Nomor : 2376 Tahun 2013 tentang pembentukan FKG Unsyiah. Sebelumnya FKG merupakan Program Studi Kedokteran Gigi FK Unsyiah yang berdiri pada tahun 2006. Pendidikan S1 di FKG terdiri atas 144 SKS dan 42 SKS untuk tahap profesi. Sistem pembelajaran di FKG menggunakan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metode Problem Based Learning (PBL). Untuk tahap Profesi Kepaniteraan Klinik di laksanakan di Rumah Sakit Gigi Mulut Unsyiah dengan program unggulan FKG Unsyiah adalah lulusan FKG kompeten dalam penanggulangan kegawatdaruratan Kedokteran Gigi.

Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang sebelumnya dikenal dengan nama Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh berdiri pada tanggal 18 Juni 1999 berdasarkan Surat Keputusan Nomor 298/DIKTI/ Kep/1999 dan penyelenggaraan pendidikan mulai berlangsung sejak bulan Juli 1999 dengan ketua program studi pertama adalah dr. T. H. Makmur Mohd. Zein, SKM., PKK. Sejak mulai berdirinya, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala menempati Gedung Fakultas Pertanian lama dengan status pinjam pakai.

Pada tahun 2004, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala berganti ketua program studi ke dua di bawah kepemimpinan T. Samsul Alam, SKM., MNSc. Setelah musibah gempa bumi dan tsunami tahun 2004, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala mendapat bantuan dari Petronas Malaysia melalui Mercy Malaysia berupa gedung perkantoran dan perkuliahan yang pembangunannya dimulai pada tanggal 6 Januari 2006 dan peresmiannya pada tanggal 21 April 2007. Sejak saat itu Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala pindah alamat dari gedung Fakultas Pertanian lama ke gedung Petronas sampai dengan sekarang. Pada tahun 2009, ketua program studi ke tiga di bawah kepemimpinan Hajjul Kamil, S.Kp., M.Kep. Pada periode tersebut, tepatnya semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala secara resmi mulai melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan pada tahun 2011 terakreditasi dengan peringkat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 051/BAN-PT/Ak-XIII/III/2011 tanggal 11 Maret 2011.

Fakultas Kedokteran Hewan didirikan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 79966 / UU tanggal 17 Oktober 1960 dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan merupakan fakultas kedua yang didirikan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) setelah Fakultas Ekonomi. Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Klinik Veteriner dan Jurusan Peternakan. Sejak tahun 1985 jurusan Klinik Veteriner berkembang menjadi fakultas dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) sedangkan jurusan peternakan dialihkan ke Fakultas Pertanian Unsyiah. Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah merupakan FKH ke-3 dari tujuh FKH yang ada di Indonesia.

Semoga informasi tentang Fakultas dan Prodi Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang kami publikasikan dapat bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal 'Alamin!

Sumber:
- kemdikbud.go.id
- unsyiah.ac.id
- banpt.or.id
- lamptkes.org
- ujiantulis.com

3 comments

Anonymous said... @ January 27, 2022 at 8:28 PM

How do I make money from playing poker online on my
The most reliable online poker sites and apps. The 샌즈카지노 best payout 메리트 카지노 고객센터 in the งานออนไลน์ world, poker is a card game with decent odds and decent odds.

samouelraak said... @ March 3, 2022 at 9:57 AM

Wynn casino-reviews new customer offer - Dr.CMC
Wynn casino 서귀포 출장샵 review - This 사천 출장마사지 casino review 양주 출장마사지 from the Wynn Las Vegas is a large site, and 안성 출장샵 it 사천 출장샵 is licensed by the Nevada Gaming Control Board.

langdonzahm said... @ November 7, 2022 at 1:10 AM

While it might be some of the costly jurisdictions obtainable for online playing firms, the process is relatively straight ahead. There simply one|is only one} license for all playing activities and marketing, software, skill video games and different activities that can be be} hosted or carried out with no further regulation. Furthermore, it’s on the OECD whitelist and is a member of the World Trade Organisation. However, the coding system doesn't distinguish between authorized and unlawful transactions. For instance, Americans visiting international locations by which online playing is authorized might discover their bank cards rejected there once they try to gamble over the Internet. The coding system has additionally been tricked by unscrupulous merchants who entered the 온라인바카라 incorrect code for their companies, in accordance with the bank card associations.

Post a Comment